MONITORING KEGIATAN BULAN DZULHIJJAH DI MTs NEGERI 16 JAKARTA

Bulan Dzulhijjah  kembali menyapa  , pada hari Jumat , 9 September 2016 bertepatan dengan tanggal 7 Dzulhijjah 1437 H, bertempat di halaman Gd.B seluruh peserta didik kelas 7 sampai dengan kelas 9 sejak pukul 06.15 sudah memenuhi hamparan karpet yang telah disiapkan.

Kegiatan Jumat pagi tersebut diawali dengan pembacaan surat Yaasin oleh sekitar 650 terdiri dari peserta didik ,  pendidik dan tenaga kependidikan dipimpin oleh Ustadz Fauzan Tanamal, S.Pd. Usai pembacaan surah Yaasin  dilanjutkan dengan penjelasan lembar monitoring kegiatan bulan Dzulhijjah oleh Ustadzah Dra. Dede Jubaedah, M.Pd. Peserta didik memperhatikan lembar monitoring yang sudah mereka terima melalui  pengurus OSIS. Pada lembar tersebut dijelaskan tentang keutamaan puasa sunnah tarwiyah, puasa arofah, bertakbir, shalat ‘Idul Adha dan berqurban.

Setiap peserta didik diwajibkan mengisi lembar monitoring kegiatan bulan Dzulhijjah dengan cara memberi tanda cek list pada kolom yang tersedia dengan menjawab Ya atau Tidak mengenai pelaksaaan : 1) Puasa Tarwiyah . 2) Puasa Arofah. 3) Mandi Sunnah. 4) Shalat ‘Idul Adha. 5) Bertakbir. 6) Berqurban atas diri sendiri. Setelah diisi dan ditandatangani oleh orang tua dan Walikelas lembar monitoring diserahkan kepada guru mata pelajaran Fiqih untuk diperiksa dan diberi nilai.

Dalam kesempatan itu pula, Ibu Dra. Hj. Faizah selaku Kepala MTsN 16 Jakarta menyampaikan wejangan kepada peserta didik agar dapat melaksanakan amaliah bulan Dzulhijjah dengan penuh keikhlasan dan selalu disiplin dalam kegiatan belajar di rumah secara rutin.

Kegiatan Jumat pagi di halaman Gd. B ditutup dengan pelaksanaaan sholat Dhuha 4 ( empat ) rokaat  oleh masing – masing peserta didik dan para pendidik. Selanjutnya usai berdoa bersama peserta didik dengan tertib masuk kelas masing – masing untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar .

( Oleh Iis Ukhiyawati )